
Karanganyar (MTsN 6 Karanganyar) – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTsN 6 Karanganyar berlangsung pada Rabu (04/12/2024) sesi II di Lab Komputer MTsN 6 Karanganyar. Kegiatan tahunan ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja kepala madrasah melalui pengukuran berbagai kompetensi yang dimiliki.

Proses penilaian dilakukan oleh tim penilai dari Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, yaitu Pengawas Pembina MTsN 6 Karanganyar, Samin, S.Pd., M.Pd., dan Arief Budi Santoso, M.Pd.I., Penilaian ini mencakup empat instrumen utama, yakni usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan keiwrausahaan dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.



PKKM dilakukan dengan metode pengecekan dokumen yang telah dipersiapkan secara softfile ataupun hardfile sebelumnya oleh tim MTsN 6 Karanganyar serta wawancara berdasarkan dokumen tersebut. “Pengecekan dokumen dan wawancara adalah cara yang efektif untuk memastikan setiap aspek kompetensi yang dinilai memiliki dasar yang kuat,” ungkap Arief Budi Santoso, M.Pd.I.
Kepala MTsN 6 Karanganyar, Suratno, S.Ag., M.Pd.I., menyampaikan rasa terima kasih atas bimbingan dan arahan dari para tim penilai. “PKKM adalah momen penting bagi kami untuk terus memperbaiki kualitas manajemen madrasah. Masukan dari para tim penilai menjadi acuan kami untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang,” ujarnya.
Selain mengevaluasi kinerja, PKKM juga menjadi ajang bagi madrasah untuk memamerkan berbagai pencapaian yang telah diraih selama satu tahun terakhir. Dokumen-dokumen yang diperiksa tidak hanya mencerminkan tata kelola madrasah, tetapi juga inovasi-inovasi yang telah diterapkan dalam proses pembelajaran dan pengembangan madrasah.




Dalam Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) team penilai membagi tugas, Arif Budi Santoso, M.Pd.I melaksanakan penilaian pada instrumen 1 (Usaha Pengembangan Madrasah) dan Instrumen 3 (Pengembangan Kewirausahaan) sedangkan Samin, S.Pd., M.Pd menilai untuk instrumen 2 (Pelaksanaan Tugas Manajerial) dan instrument 4 (Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan).
“Secara umum menurut team penilai MTs Negeri 6 Karanganyar dalam menyajikan data atau administrasi sudah baik dan lengkap, baik yang dikirim dalam bentuk softfile maupun yang disajikan secara fisik dalam visitasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM).Masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki antara lain ada beberapa program yang belum tertuang di Rencana Kerja Madrasah (RKM) akan tetapi telah dibuat program kegiatan dan terlaksana. Semua program harus tertuang di Rencana Kerja Madrasah (RKM) kemudian kegiatan pelaksanaan oleh masing – masing wakamad yang juag tertuang pada program kerja madrasah dan dalam melakukan supervisi harus menyeluruh,” ujar Arief Budi Santoso, M.Pd.



Samin, S.Pd., M.Pd., memberikan apresiasi terhadap persiapan yang dilakukan oleh tim MTsN 6 Karanganyar. “Dokumen yang disiapkan sangat rapi dan lengkap. Ini menunjukkan komitmen kepala madrasah beserta timnya dalam mengelola madrasah dengan profesional,” katanya.



Dengan terlaksananya PKKM ini, MTsN 6 Karanganyar berharap dapat terus meningkatkan mutu pendidikan dan layanan kepada seluruh pemangku kepentingan, baik siswa, guru, maupun masyarakat sekitar. (farid)



